LPKIK Mengadakan FGD I Kajian Tentang MBKM

Berita Terbaru IPTEK

Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma (Unsurya) (24/11/23 – WR3) –  Lembaga Pusat Kajian, Inovasi, dan Kewirausahaan (LPKIK) Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma (Unsurya) mengadakan Focus Group Discussion (FGD) I tentang Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) pada tanggal 24 November 2023 di Ruang Rapat Wakil Rektor III. Kegiatan FGD I ini secara langsung dipimpin oleh Wakil Rektor III Unsurya, Marsma TNI (Purn) Dr. Agus Purwo W., S.E., M.M., M.A., CIPA.

FGD ini mengangkat tema ”Optimalisasi Peran Civitas Academica Unsurya dalam Program MBKM”. Tujuan utamanya adalah untuk mengkaji dan menggali lebih banyak masukan dan pemikiran sehingga menghasilkan suatu rekomendasi langkah-langkah strategis agar pelaksanaan MBKM di Unsurya menjadi optimal. Demi tercapainya tujuan tersebut, pokok-pokok bahasan yang dibahas dalam FGD ini meliputi: 1) Implementasi dan permasalahan yang dihadapi dalam program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) di Unsurya; 2) Penyebab implementasi program MBKM di Unsurya belum maksimal (ditinjau dari sudut pandang mahasiswa, dosen, dan prodi / fakultas); dan 3) Strategi agar implementasi program MBKM di Unsurya menjadi maksimal (ditinjau dari sudut pandang mahasiswa, dosen, dan prodi / fakultas).

Dalam FGD ini, terlibat 3 (tiga) orang narasumber, 3 orang penanggap, dan 4 (empat) orang penyusun. Dalam sesi pembukaan, tim penyusun menyampaikan pentingnya program MBKM dalam menciptakan lingkungan belajar yang inovatif dan responsif terhadap perubahan. Program MBKM bukan hanya tentang memberikan kebebasan belajar bagi mahasiswa, tetapi juga mendorong perguruan tinggi untuk terus berinovasi. FGD ini juga mengangkat peran civitas academica sebagai fasilitator pembelajaran dan pembimbing akademik. Para narasumber berbagi pengalaman dan strategi tentang bagaimana civitas academica dapat lebih terlibat dalam mendukung mahasiswa mengikuti program MBKM. Para penanggap juga aktif merespons dan memberikan masukan terkait hal-hal yang disampaikan oleh para narasumber.

Hasil FGD ini akan menjadi dasar untuk menyusun panduan dan memberikan rekomendasi agar implementasi MBKM di Unsurya menjadi optimal. Selain itu, hasil FGD ini juga dapat digunakan untuk beberapa tujuan penting dalam konteks penelitian atau evaluasi program MBKM, misalnya perumusan kebijakan dan perancangan program atau intervensi.

Dalam FGD I ini, narasumber yang terlibat terdiri dari Kaprodi Teknik Penerbangan, Endah Yuniarti, S.Si., M.Sc.; Kaprodi Sistem Informasi / Manajemen Informatika, Muryan Awaluddin, S.Kom., M.Kom.; dan Kaprodi Manajemen, Rita Intan Permatasari, STP, M.M, sedangkan penanggap terdiri dari Kaprodi Teknik Elektro, Nurwijayanti, S.T., M.T.; Sekprodi Teknik Penerbangan, Mufti Arifin, S.T., M.T., dan Kabag Evalapjar Biro Administrasi Akademik, Dedi Setiadi, S.E., M.Kom. Selain itu, tim penyusun terdiri dari Wakil Rektor III; Staf LPKIK, Budi Aji Warsiyanto, S.T., M.T.; Staf Biro Kerjasama dan Alumni, Cynthia Rahmawati, S.Si., M.Si. (Han); dan Staf Wakil Rektor III, Riskha Agustianingsih, S.T., M.T. (WR3-Bud).

Related Images:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 + twenty =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.