Melangkah Bersama: Unsurya dan BRIN Menandatangani Kesepakatan Strategis untuk Riset dan Inovasi Nasional

Berita Terbaru

 

Unsurya Jkt (22/11/23-WR3) – Melangkah Bersama: Unsurya dan BRIN menandatangani kesepakatan strategis untuk riset dan inovasi nasional pada hari Rabu, 22 November 2023 di Auditorium Soemitro Djodjohadikoesoemo, Gedung B.J. Habibie BRIN. Penandatanganan kesepakatan ini ditandatangani oleh Rektor Unsurya, Marsekal Muda TNI (Purn.) Dr. Sungkono, S.E., M.Si.; Wakil Rektor I, Marsekal Muda TNI (Purn.) Dr. Syamsunasir, S. Sos., M.M., C.Fr.A.; dan Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Deputi Bidang SDM Iptek Edy Giri Rachman Putra. Nota Kesepahaman yang bertujuan untuk meningkatkan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan tinggi guna mendukung riset dan inovasi nasional. Pewakilan Unsurya yang ikut hadir dalam kegiatan ini adalah Wakil Rektor III, Dr. Agus Purwo W., SE., MM., MA., CIPA yang menjalankan kegiatan Kerjasama ini, Plt Karo Kerjasama Alumni, Dra. Rini Mukayani, M. AP, Dekan FTK, Ir. Fredy Fransiscus, MM, Dekan FTI, Dr. Yohanes D, M.T, dan Staff biro Kerjasama, Cynthia Rahmawati, Ssi., Msi (Han).

Acara ini juga dihadiri oleh para pimpinan perguruan tinggi lainnya dan perwakilan BRIN, kedua belah pihak melakukan komitmen mereka untuk bekerja sama dalam mewujudkan lingkungan akademis yang mendukung pengembangan ilmu pengetahuan, pendidikan, dan penerapan hasil riset untuk kemajuan bangsa. BRIN menyelenggarakan acara penuh inovasi yang menandai langkah signifikan dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang riset dan inovasi. Acara ini melibatkan kegiatan sosialisasi program manajemen talenta serta penandatanganan nota kesepahaman antara BRIN dengan berbagai pihak terkait Sosialisasi ini memiliki beberapa fokus dalam penguatan SDM, manajemen talenta SDM untuk Inodnesia emas 2045, serta prosedur pendanaan dalam melakukan Riset dan Inovasi.

Terdapat beberapa sosialisasi yang di berikan oleh BRIN. Deputi Bidang SDM Iptek BRIN memberikan penjelasan mendalam tentang program manajemen talenta dalam bidang riset dan inovasi. Sosialisasi mencakup strategi untuk meningkatkan kapasitas SDM serta langkah-langkah konkrit dalam mendukung periset dan inovator. Direktur Manajemen Talenta BRIN menyampaikan skema mobilitas periset yang bertujuan untuk memperkuat SDM riset dan inovasi nasional. Skema ini dirancang untuk memfasilitasi pertukaran peneliti, memperluas wawasan, dan memperkuat kolaborasi di antara lembaga riset dan inovasi. Deputi Bidang SDM Iptek BRIN menyampaikan visi dan arah strategis dalam pengembangan manajemen talenta riset dan inovasi untuk mencapai target Indonesia Emas 2045. Fokus pada peran SDM sebagai pendorong utama transformasi Indonesia menjadi pusat inovasi di tingkat global. Deputi Bidang Fasilitasi Riset dan Inovasi BRIN memberikan informasi terkait pendanaan riset dan inovasi yang tersedia, termasuk prosedur pengajuan dan kriteria pemilihan proyek. Penjelasan rinci mengenai sumber daya yang dapat diakses oleh para peneliti untuk mendukung kemajuan riset dan inovasi.

Dalam penutupan yang penuh semangat, acara sosialisasi Program Manajemen Talenta Bidang Riset dan Inovasi yang diselenggarakan oleh BRIN telah selesai dengan baik. Acara ini tidak hanya memperkaya pemahaman para peserta tentang strategi pengembangan SDM di bidang riset dan inovasi, tetapi juga menandai langkah-langkah konkrit yang diambil untuk mewujudkan masa depan yang inovatif. (WR3-Ris)

Related Images:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.