PKM PRODI SISTEM INFORMASI DAN MANAJEMEN INFORMATIKA “PELATIAHAN PEMBUATAN CV BAGI SISWA-SISWI TINGKAT AKHIR SMK PEMBANGUNAN JAYA YAKAPI JAKARTA”

Berita Terbaru Pengabdian Masyarakat

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki peran penting dalam membekali siswa-siswinya dengan keterampilan praktis yang dapat langsung diaplikasikan di dunia kerja. Salah satu aspek krusial yang perlu diperhatikan oleh siswa tingkat akhir SMK adalah kemampuan menyusun Curriculum Vitae (CV) yang baik dan menarik. Oleh karena itu, Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dapat menjadi inisiatif yang tepat untuk memberikan pelatihan pembuatan CV bagi siswa-siswi tingkat akhir di SMK. Dalam era persaingan kerja yang semakin ketat, memiliki CV yang menonjol adalah kunci utama untuk membedakan diri dari pelamar lain. Meskipun siswa SMK telah belajar banyak keterampilan teknis di bidang spesifik mereka, keterampilan penulisan CV sering kali terabaikan.

Kegiatan PKM Dosen Jurusan Sistem Informasi pada Kampus Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma yang diadakan di sekolah SMK Pembangunan Jaya YAKAPI mengambil tema tentang Pelatihan Pembuatan CV Bagi Siswa- Siswi Tingkat Akhir di SMK”. PKM ini dimulai dengan memberikan pemahaman kepada siswa-siswi tentang pentingnya memiliki CV yang baik sebagai alat untuk memperkenalkan diri dan meraih peluang karir. Dalam sesi pelatihan, Dosen sebagai narasumber memberikan materi dengan pendekatan yang mudah dipahami dan relevan bagi para peserta. Selain itu, materi pelatihan disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa-siswi SMK. Dosen memberikan panduan langkah demi langkah dalam menyusun CV. Pelatihan dilaksanakan secara interaktif, melibatkan diskusi, tanya jawab, dan studi kasus.

Melalui PKM ini, Dosen Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma turut berperan aktif dalam memberikan kontribusi positif kepada masyarakat, khususnya dalam membekali siswa-siswi SMK dengan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja. Pelatihan pembuatan CV ini diharapkan dapat membantu mereka memasuki dunia kerja dengan lebih siap dan percaya diri. Program serupa di masa depan diharapkan dapat terus dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia.

Related Images:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten − one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.