PKM PRODI SISTEM INFORMASI DAN MANAJEMEN INFORMATIKA “PEMBELAJARAN APLIKASI CANVA MELALUI ANDROID DAN IMPLEMENTASI DESAIN GRAFIS PADA DIGITAL PRINTING DI PONDOK PESANTREN NURUL MUTA’ALLIMIN DEPOK”

Berita Terbaru Pengabdian Masyarakat

 

Dalam upaya terus meningkatkan kualitas pendidikan di era digital, Prodi Sistem Informasi dan Manajemen Informatika menggelar Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dengan fokus utama pada penerapan teknologi informasi. PKM ini bertujuan untuk mendukung kreativitas dan inovasi digital santri Pondok Pesantren Nurul Muta’allimin Depok.

Pembelajaran Teknologi Informasi Aplikasi Canva Melalui Android

Salah satu langkah proaktif yang diambil oleh Prodi Sistem Informasi dan Manajemen Informatika adalah mengenalkan pembelajaran Teknologi Informasi melalui aplikasi Canva. Mahasiswa terlibat aktif dalam pembelajaran kreatif menggunakan Canva melalui perangkat Android. Dengan pendekatan ini, diharapkan santri dapat menguasai keterampilan desain grafis secara lebih mudah dan lebih interaktif.

Implementasi Desain Grafis Pada Digital Printing

PKM ini tidak hanya sebatas pembelajaran teori, melainkan melibatkan langkah praktis dengan mengimplementasikan desain grafis hasil kreativitas santri pada pembuatan gantungan kunci/tas. Dengan demikian, hasil karya santri tidak hanya menjadi konsep visual, tetapi juga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, seperti gantungan kunci atau tas, yang tentunya dapat mendukung keberlanjutan kreativitas mereka.

Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi Digital bagi Santri

Tujuan utama dari PKM ini adalah untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi digital di kalangan santri Pondok Pesantren Nurul Muta’allimin. Dengan pembelajaran teknologi informasi dan penerapan desain grafis pada digital printing, diharapkan santri dapat mengembangkan kemampuan kreatif mereka, sekaligus membuka peluang untuk memahami dan mengimplementasikan konsep-konsep teknologi informasi modern.

Dukungan Penuh dari Pihak Pesantren

Pengelola Pondok Pesantren Nurul Muta’allimin memberikan dukungan penuh terhadap inisiatif Prodi Sistem Informasi dan Manajemen Informatika ini. Mereka percaya bahwa pengenalan teknologi informasi dan keterampilan desain grafis dapat memberikan nilai tambah signifikan dalam persiapan santri menghadapi tantangan di era digital.

Harapan Masa Depan

Melalui PKM ini, Prodi Sistem Informasi dan Manajemen Informatika berharap dapat melahirkan generasi santri yang tidak hanya memiliki pengetahuan agama yang kuat, tetapi juga mampu bersaing dalam menghadapi kemajuan teknologi informasi. Inisiatif ini diharapkan menjadi tonggak awal untuk implementasi lebih lanjut pembelajaran teknologi informasi di berbagai lembaga pendidikan Islam di Indonesia.

Related Images:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 − two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.