KEGIATAN MONITORING DAN EVALUASI (MONEV) PROGRAM BEASISWA YPMAK DI UNIVERSITAS DIRGANTARA MARSEKAL SURYADARMA

Berita Terbaru News

Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma (Unsurya), 17 Januari 2024 – TIM Monitoring Program Beasiswa Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) melaksanakan kegiatan Monev  di Kampus  A  Unsurya  pada Rabu, 17 Januari 2024.   Ketua Tim Monev,  ibu  Nur Ihfa Karupukaro  yang sehari-hari menjabat sebagai Wadir Program & Monev YPMAK, hadir di Kampus Unsurya bersama  5 anggota timnya  yaitu Bpk Billy Korwa (Deputi Program YPMAK), Bpk Dionisius Lewi Burdam (Kadiv Monev Pendidikan  YPMAK),  Bpk Darmawan Mada (Staf Devisi Program Pendidikan YPMAK),  Bpk Sisko Situmorang (Divisi Keuangan YPMAK), dan Bpk Miskan (Staf Divisi Humas YPMAK).  Seperti disampaikan oleh Ketua Tim Monev YPMAK, bahwa kedatangannya di Kampus Unsurya dalam rangka melaksanakan kegiatan monitoring  terhadap perkembangan studi penerima program beasiswa YPMAK  di Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Hercules Kampus A Unsurya, diawali dengan sambutan dari Rektor Unsurya  yaitu Marsekal Muda TNI Purn Dr. Sungkono, S.E., M.Si.   yang didampingi oleh Wakil Rektor II Unsurya  Marsma TNI Purn. Dr. I Dewa Ketut Kerta Widana, SKM., MKKK., CIQnR., CIQar., CIMMR dan pejabat Unsurya lainnya Ka. SPI, Karo Keuangan, Dekan dan para Kaprodi serta Tim Pembina/Pengasuh Mahasiswa Beasiswa YPMAK  Unsurya.   Dalam sambutannya,  Rektor Unsurya menyambut baik kedatangan Tim Monev YPMAK  dan menyampaikan perkembangan proses pembelajaran 35 Mahasiswa Program Beasiswa YPMAK sejak Tahun Akademik 2018 sampai 2023  yang telah dilaksanakan berdasarkan Perjanjian Kerjasama antara Unsurya dan YPMAK. 

Pada Tahun Akademik 2023/2024 ini,  jumlah Mahasiswa  Progam Beasiswa YPMAK yang aktif  berjumlah 17 orang mahasiswa.  Rektor Unsurya menyampaikan bahwa secara umum Mahasiswa Program Beasiswa YPMAK  dapat terlaksana dengan baik yaitu sebagian telah lulus progaram pendidikan D3 maupun program S1,  sebagain mahasiswa telah memasuki penyelesaian tugas akhir, namun juga terdapat 2 mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran dan berpotensi  gagal untuk menyelesaikan pendidikan sesuai ketentuan Program Beasiswa yang ditetapkan YPMAK.  Disamping itu, Rektor  menceriterakan proses pembimbingan akademik yang telah dilaksanakan serta kegiatan pendampingan non akademik (pengasuhan) yang telah dilaksanakan oleh Tim Unsurya.   Lebih lanjut, Rektor Unsurya juga  memaparkan  program-program pendidikan yang telah dan akan dikembangkan oleh Unsurya dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia, agar mampu bersaing untuk memenuhi kebutuhan  pasar kerja.   Unsurya telah menjalin kerjasama dengan beberapa  mitra DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri) baik di dalam negeri maupun di luar negeri  melalui program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) sehingga mahasiswa memiliki pengalaman belajar dan praktek kerja  yang cukup di luar kampus.  Dengan hal tersebut program kerjasama antara Unsurya dengan YPMAK  diharapkan terus dapat berlanjut dan ditingkatkan pada masa mendatang, guna mewujudkan peningkatan SDM khusunya  Papua untuk Negeri Indonesia yang kita cintai.

Dalam tanggapannya Tim Monev YPMAK menyambut baik program-program pendidikan yang dikembangkan Unsurya dalam meningkatkan kualitas SDM khususnya putra-putri Papua untuk Negeri, melalui program kerjasama yang telah terjalin.   Lebih lanjut Ketua Tim Monev YPMAK menyampaikan  ketentuan-ketentuan bagi penerima Program Beasiswa YPMAK berkaitan dengan batas waktu / Lama pendidikan  dan nilai Indek Prestasi  Semester dan Kumulatif  (IPS?IPK) yang harus dicapai oleh mahasiswa penerima Program Beasiswa YPMAK.  

Ketua Tim YPMAK juga menyampaikan pesan dan menekankan kepada para Mahasiswa penerima beasiswa YPMAK, bahwa YPMAK menjamin pembiayaan program beasiswa sesuai ketentuan yang berlaku, dan para penerima beasiswa harus banyak bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Tuhan  mendapat kesempatan menerima beasiswa.  Masih banyak yang belum berhasil mendapat kesempatan memperoleh beasiswa, oleh karenanya  Mahasiswa penerima beasiswa dituntut untuk bertanggungjawab, memiliki motivasi, dan semangat belajar dari diri sendiri yang tinggi  sehingga mampu berhasil menyelesaikan program pendidikan sesuai ketentuan yang berlaku, serta  kelak digunakan untuk mengabdikan diri kepada daerah, bangsa, dan negara.

Kegiatan Monev  dilanjutkan dengan  pertemuan dengan peserta  program beasiswa kemitraan YPMAK dan Kegiatan kunjungan ke asrama/kontrakan/kost peserta program  beasiswa kemitraan YPMAK  di Unsurya Jakarta.

Salam Dirgantara dan Salam Bela Negara.

Related Images:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.