HIMAKUM BEKERJA SAMA DENGAN LKBH UNSURYA MENYELENGGARAKAN KEGIATAN PENDIDIKAN PELATIHAN DAN KOMPETENSI ADVOKASI

Berita Terbaru

Keberadaan LKBH kampus tidak dapat dilepaskan dari peran mahasiswa hukum yang berkomitmen menekuni dunia praktek hukum untuk mendapatkan pengalaman yang akan berguna bagi masa depan karir mereka baik pengacara, hakim, jaksa atau profesi lain

Mengingat tujuan pembentukan LKBH kampus adalah untuk memberikan bantuan hukum kepada masyarakat sebagai bentuk pengabdian dan juga pembelajaran bagi mahasiswa, maka idealnya LKBH perlu memberikan ruang yang luas bagi mahasiswa untuk terlibat dalam kegiatan bantuan hukum, bahkan mereka harus menjadi motor utama penggerak bantuan hukum di LKBH. Situasi ini akan memberikan manfaat, tidak hanya kepada masyarakat pencari keadilan tetapi juga akan memberikan manfaat juga bagi pengajar, mahasiswa bahkan perguruan tinggi. Masyarakat pasti menerima manfaat, karena mendapatkan bantuan hukum secara cuma-cuma jika mahasiswa berperan penting dalam memberikan bantuan hukum, maka seara otomatis dapat meringankan beban pengajar atau supervisor yang memiliki tugas tidak hanya memberikan bantuan hukum, tetapi juga mengajar dan aktivitas akademika lain.

Oleh karena itu Himpunan Mahasiswa Fakultas Hukum HIMAKUM bekerjasama dengan LKBH UNSURYA bermaksud mengadakan PENDIDIKAN PELATIHAN DAN KOMPETENSI ADVOKASI sebagai wadah pembelajaran untuk mereka secara mendiri melakukan interview, konsultasi, pedampingan, penyiapan dokumen hukum, dan kegiatan lain terkait bantuan hukum. Pada prosesnya, dosen hanya berperan sebagai supervisor yang memberika input dan menjamin konsep dan strategi yang diambil mahasiswa dalam memberikan bantuan hukum sesuai dengan kaidah hukum dan professionalisme yang harus diberikan kepada para pencari keadilan.

Adapun tujuan mengadakan kegiatan ini antara lain sebagai berikut:

  1. Merancang konsep Program Pembinaan yang berkesinambungan untuk menjaga tetap berjalannya roda organisasi LKBH Unsurya.
  2. Merancang tata tertib terkait dengan keanggotaan aktif LKBH Unsurya.
  3. Mengembangkan pola pikir mahasiswa dalam menangani setiap kasus hokum
  4. Mengetahui prosedur baik litigasi maupun non litigasi

Kegiatan ini melibatkan dosen dosen sebagai narasumber yang sudah sangat memahami di bidangnya, berikut adalah materi yang diberikan antara lain :

  1. Pengenalan Organisasi LKBH Unsurya dan pengenalan UU No. 16 Tahun 2011.

(pemateri : Dr. Niru Anita Sinaga,SH, MH )

  1. Penyelesaian sengketa di Mahkamah Konstitusi.

(pemateri :Ori Rahman,SH )

  1. Pengenalan Kode Etik Advokat.

(pemateri :Indah Sari,SH, MH)

  1. Sistem peradilan pidana diIndonesia.

(pemateri :Jaingin Tambunan,SH, MH)

  1. Strategi penanganan perkara pidana dan teknis pembuatan PLEDOI.

(pemateri :Febry Darmansyah,SH, MH)

  1. Strategi penanganan perkara Perdata (Wanprestasi/PMH) dan pembuatan surat gugatan.

(pemateri :Slamet Lumban Gaol,SH, MH)

Kegiatan ini menjadi salah satu agenda rutin setiap tahunnya bagi mahasiswa semester V yang sudah lulus mata kuliah Hukum Acara Pidana dan Hukum Acara Perdata. Diharapkan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma setelah selesai dan lulus kuliah memiliki daya saing di bidang Ilmu Hukum guna menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan di masyarakat.

gallery foto kegiatan bisa dilihat disini –> FOTO KEGIATAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *