UNSURYA Implementasikan kegiatan belajar diluar kampus ciptakan freezer tenaga surya, bantu nelayan malang awetkan ikan

Berita Terbaru Kegiatan Mahasiswa Pengabdian Masyarakat

Kondisi Kampung nelayan Kondang Merak yang enclave di dalam hutan lindung tersisa di Malang Selatan, menjadi tantangan tersendiri terhadap ketiadaan pasokan listrik. Selama ini warga mencari cara, melakukan sendiri pemenuhan kebutuhan energi listrik rumah tangga mereka, antara lain dengan menggunakan genset dan alternatif pilihan lain, salah satunya energi terbarukan, tenaga surya.

“Dua peneliti dari fakultas Teknologi Industri, Bersama dengan sebelas mahasiswa Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma, terpanggil untuk menyelesaikan permasalahan diatas untuk menjalankan penelitian yang merupakan salah satu kegiatan belajar diluar kampus untuk program MBKM” ucap ketua LPPM, Senin(10/01/22).
Source: bisnismetro.id

Mereka memanfaatkan energi sinar matahari diubah menjadi listrik untuk memproduksi es batu. Instalasi listrik tenaga surya dipasang di bangunan berukuran sekitar 16 meter persegi. Bangunan beratap panel surya dan berisi konverter, baterai dan lemari es. Instalasi listrik tenaga surya yang dipasang sejak sepekan lalu oleh Rumah Mandiri Energi ini menghasilkan daya 3.400 watt.

Instalasi listrik didanai Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma (Unsurya), Jakarta.
source: mongabay.co.id

“Akhirnya  dari  kalkulasi biaya kebutuhan dan beban  bisa direalisasi  dengan bantuan dukungan rekan-rekan  LPPM Universitas Dirgantara  Marsekal suryadarma- Jakarta,  dengan  bahu-membahu kerja bersama  mulai dari penyiapan  tempat,  perakitan,  dan perapian dari  warga  nelayan  Kondang Merak,  Sahabat Alam  Indonesia,  dan Rumah  Mandiri  Energi,” ungkapnya.

Akhirnya feezer tenaga Surya bisa diciptakan. “Mbois .. Dan Kita bisa ketawa ketiwi. Lelah lembur “melekan” berhari-hari langsung hilang. Melihat bungkusan-bungkusan es batu  hasil uji coba sudah diantri warga pagi-pagi, Selanjutnya masih ada PR yakni meningkatkan kapasitas produksi dengan meningkatkan daya,” pungkasnya.
source: bacamalang.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *